Hukum

“Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan”. terdapat dalam Undang-Undang Dasar 1945

Pengertiannya adalah bahwa yang dimaksud dengan pekerjaan adalah pekerjaan yang bersifat manusiawi dan memungkinkan tenga kerja tetap sehat dan selamat sehingga dapat hidup layak sesuai dengan martabat manusia.  Untuk itu diperlukan situasi kerja yang aman, sehat dan selamat dengan mengetrapkan keselamatan dan kesehatan kerja.

Buruh atau pekerja dalam melaksanakan pekerjaan yang menjadi tugas dan tangung jawabnya sesuai dengan keahlian dan kemampuan masing – masing, dalam melaksanakan pekerjaan Buruh atau pekerja perlu mendapatkan perlindungan atas haknya guna mendapatkan keselamatan dan kesehatan kerja serta kenyamanan dalam bekerja.

Perusahaan atau perseorangan yang melakukan yang melakukan kegiatan produksi harus mejaga keadaan lingkungannya agar tidak melakukan pencemaran terhadap linkungannya.

Dalam hal perlindungan tenaga kerja tentang keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan, pemerintah telah mengeluarkan berbagai peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan lingkungan.

Kumpulan Peraturan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Lingkungan (K3L)